Al Jadid, Abbyad (2025) Implementasi Kebijakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2023. Jurnal Inovasi dan Kreativitas dalam Ekonomi (IKE), 8 (6). (In Press)
Artikel_Cover_Abbyad Al Jadid_Adm Publik_20210210070 - abby al.j.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2030.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
1 Artikel_Pendahuluan_Abbyad Al Jadid_Adm Publik_20210210070 - abby al.j.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (789kB)
2 Artikel_Tinjauan Pustaka_Metode Penelitian_Abbyad Al Jadid_Adm Publik_20210210070 - abby al.j.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (595kB)
3 Artikel_Hasil & Pembahasan_Abbyad Al Jadid_Adm Publik_20210210070 - abby al.j.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2030.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
4 Artikel_Kesimpulan_Abbyad Al Jadid_Adm Publik_20210210070 - abby al.j.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (674kB)
6 Artikel_Lampiran_Abbyad Al Jadid_Adm Publik_20210210070 - abby al.j.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2030.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan
P5 di SDN 2 Sokaraja Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dan pemilihan informan dilakukan dengan menggunkan teknik
Purposive Sampling. Sumber data dalam penelitian ini terdiri data data primer dan
sekunder yang dipeloreh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian
ini dilakukan di SDN 2 Sokaraja Tengah. Analisis data yang digunakan yakni
menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Adapun fokus penelitian ini disesuaikan dengan teori George Edward
III, yakni: aspek komunikasi, aspek sumberdaya, aspek disposisi, dan aspek
struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 2 Sokaraja Tengah menunjukkan
aspek komunikasi yang baik melalui kejelasan, transmisi, dan konsistensi informasi,
meskipun terdapat tantangan dalam pemahaman guru mengenai dan komunikasi
berkelanjutan dengan orang tua. Aspek sumberdaya, sumber daya manusia dinilai
cukup dengan komitmen guru yang tinggi, namun pemahaman konsep P5 dan
ketersediaan modul ajar masih menjadi kendala. Sumber anggaran P5 didukung
oleh dana BOS dan partisipasi wali murid secara transparan, sementara ketersediaan
sarana dan prasarana masih terbatas tetapi diatasi dengan inovasi dan kolaborasi.
Aspek disposisi, pelaksana kebijakan, terutama kepala sekolah menunjukkan
komitmen tinggi dan sikap mendukung, mendorong kolaborasi aktif meskipun
menghadapi kendala sarana dan pemahaman P5. Aspek struktur birokrasi dalam
pelaksanaan P5 di SDN 2 Sokaraja Tengah telah berjalan dengan baik, didukung
oleh Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan terstruktur, meskipun
pemahaman detail SOP belum menyeluruh di kalangan warga sekolah. Secara
keseluruhan, implementasi P5 di SDN 2 Sokaraja Tengah efektif dan terstruktur,
namun memerlukan penguatan dalam pemahaman konseptual dan teknis P5, serta
peningkatan sarana prasarana.
Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan Publik, Profil Pancasila
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JC Political theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Sosial, Ekonomi, dan Humaniora > Administrasi Publik |
| Depositing User: | UNU Purwokerto |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 10:33 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 10:33 |
| URI: | http://repository.unupurwokerto.ac.id/id/eprint/201 |
