OPTIMALISASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DI PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO KELAS 1A

Farandfelda Afifah, Asnifatuttazkia (2025) OPTIMALISASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DI PENGADILAN AGAMA PURWOKERTO KELAS 1A. S1 thesis, UNU PURWOKERTO.

[thumbnail of Skripsi Non Riset] Text (Skripsi Non Riset)
Skripsi_Awal_Asnifatuttazkia FA_HK SYARIAH_20210212020 - Asnifatuttazkia Farandfelda Afifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2030.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Non Riset] Text (Skripsi Non Riset)
view_usp=sharing - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2030.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (106kB)

Abstract

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di lingkungan peradilan merupakan inovasi
penting dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan
hukum kepada masyarakat. Sebelum diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(PTSP), sistem pelayanan di pengadilan sering kali menghadapi berbagai kendala
seperti proses yang lambat, prosedur yang membingungkan, serta kurangnya akses
informasi hukum yang memadai bagi pencari keadilan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui prosedur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan untuk mengetahui
strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(PTSP) di Pengadilan Agama Purwokerto Kelas 1A.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ini merupakan jenis penelitian
lapangan, dengan pendekatan kualitatif, sosiologis dan empiris dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam
melakukan penelitian ini, peneliti mendapatkan informasi dan pengamatan secara
langsung pada saat mengikuti program magang dari MBKM (Merdeka Belajar
Kampus Merdeka) yang ditempatkan di Kantor Pengadilan Agama Purwokerto Kelas
1A selama 4 bulan terhitung dari bulan Agustus sampai dengan bulan November
2023.
Hasil dari Penelitian ini adalah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan
Agama Purwokerto Kelas 1A telah meningkatkan kualitas layanan dengan sistem
yang lebih tertib, cepat, dan terarah. Prosedur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
dimulai dari pengambilan antrian, menuju meja layanan sesuai kebutuhan (informasi,
pendaftaran, produk, atau Posbakum), hingga pengambilan produk pengadilan.
Strategi untuk mengoptimalkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan
Agama Purwokerto Kelas 1A melakukan Evaluasi melalui Indeks Kepuasan
Masyarakat (IKM) berbasis survei daring, yang menjadi dasar perbaikan
berkelanjutan. Pelayanan mengacu pada asas pelayanan publik dan empat pilar
PTSP : Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Terpenuhinya Sarana dan
Prasarana Layanan , Optimalisasi Kerja Sistem, Optimalisasi Pengawasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Depositing User: UNU Purwokerto
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:37
Last Modified: 16 Jul 2025 02:37
URI: http://repository.unupurwokerto.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item