PENGARUH MEDIA SOSIAL, PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT, FINANCIAL KNOWLEDGE, PARENTAL INCOME DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Jenderal Soedirman)

Bahtiar Umar, Ilham (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL, PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT, FINANCIAL KNOWLEDGE, PARENTAL INCOME DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Jenderal Soedirman). S1 thesis, UNU PURWOKERTO.

[thumbnail of FULL SKRIPSI] Text (FULL SKRIPSI)
Laporan_Artikel_-_Watermark - ilham_ bahtiar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2030.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak media sosial,
penggunaan pembayaran digital, pengetahuan keuangan, pendapatan orang tua dan
locus of control terhadap perilaku keuangan siswa. Studi kasus dalam penelitian ini
adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Jenderal Soedirman.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data
primer diperoleh melalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98
siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini
adalah penggunaan pembayaran digital, pengetahuan keuangan dan locus of control
berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Sedangkan media sosial dan pendapatan
orang tua tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Kelima variabel tersebut
sekaligus mempengaruhi perilaku keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan
pentingnya pengelolaan keuangan dalam perkembangan teknologi dan pengaturan
diri mahasiswa untuk mendukung perilaku keuangan yang baik.

Item Type: Skripsi (S1)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Sosial, Ekonomi, dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: UNU Purwokerto
Date Deposited: 23 Jul 2025 10:49
Last Modified: 28 Aug 2025 03:43
URI: http://repository.unupurwokerto.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item
View Item