Annas, Junaidi (2024) Analisis Pelayanan Online Administrasi Kependudukan di Desa Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. AL-MIKRAJ, 5 (1). (In Press)
0 Artikel_Cover_JUNAIDI ANNAS_ADM PUBLIK_20210210019 - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2029.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (997kB)
1 Artikel_Pendahuluan_JUNAIDI ANNAS_ADM PUBLIK_20210210019 - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (580kB)
2 Artikel_Metode_JUNAIDI ANNAS_ADM PUBLIK_20210210019 - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2029.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (437kB)
3 Artikel_Hasil+Pembahasan_JUNAIDI ANNAS_ADM PUBLIK_20210210 - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2029.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (436kB)
4 Artikel_Kesimpulan_JUNAIDI ANNAS_ADM PUBLIK_20210210019 - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (375kB)
5 Artikel_Dapus_JUNAIDI ANNAS_ADM PUBLIK_20210210019 - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (508kB)
6 Artikel_Lamp_JUNAIDI ANNAS_ADM PUBLIK_20210210019 - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2029.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
FILE FULL SIAP CETAK WATERMARK - Perpustakaan UNUP2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2029.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis pelayanan online administrasi kependudukan di Desa
Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Menggunakan data primer dan sekunder yang
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori pelayanan yang
digunakan adalah model Zeithhaml, Berry, dan Parasuraman di dalam buku Hardiyansyah
dengan 5 aspek: Tangible (Berwujud), Reliability (kehandalan), Responsiviness
(Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Pemerintah Desa Cipete dalam hal ini adalah Adminduk sebagai adminduk desa
dalam melayanai administrasi kependudukan belum dapat melayani warga dengan optimal.
Adapun indikator pelayanan yang belum optimal ditemukan pada aspek kehandalan dan
disiplin adminduk dalam melayani warga dalam pelayanan online, namun pemerintah desa
berusaha melayani warga dengan metode lama yaitu pelayanan offline, sehingga
menyebabkan penerapan pelayanan online rendah.
Kata Kunci: Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Pelayanan Online
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
| Divisions: | Fakultas Sosial, Ekonomi, dan Humaniora > Administrasi Publik |
| Depositing User: | UNU Purwokerto |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:53 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 09:53 |
| URI: | http://repository.unupurwokerto.ac.id/id/eprint/171 |
